LATAR BELAKANG BERDIRINYA SMP BRUDERAN BARA
Yayasan
Pangudi Luhur Boro berdiri 6 Oktober 1954. Secara khusus SMP Bruderan
Bara didirikan oleh Br. Otto de Bruins pada tanggal 1 Agustus 1955.
Dalam catatan sejarah perjalanan SMP bahwasannya pembubaran SMP amat
disesalkan di Bara, hal ini dibuktikan dengan suatu fakta bahwa SMP itu
hidup kembali, sehingga ada usaha perjuangan untuk dihidupkan lagi dalam
tahun 1955. Pemrakarsa dan perintisnya " pioner " di bawah pimpinan Br.
Otto de Bruins. Bahwa Dewan Misi bahkan rela mengkhususkan keuangan
untuk mendirikan gedung baru untuk SMP Bruderan Bara.
Secara
geograsis di daerah Bara memang dipandang sebagai tempat yang subur dan
cocok untuk persemaian atau penanaman benih iman dengan kondisi daerah
miskin, pola hidup sederhana dan hati yang tulus. Namun dalam
pengembangan pembinaan, pengajaran dan pendidikan mengakui bahwa SMP
Bruderan Bara menjadi salah satu SMP yang terbaik di Kulon Progo. Minat
dari masyarakat khususnya calon murid sungguh bersemangat untuk masuk
SMP Bruderan Bara. Sebab SMP lah yang dianggap menjamin hari depan
gemilang pada masa itu. Bahkan perkembangan murid sungguh membanggakan
dalam tahun 1955 ada 34 murid dan sampai hari ini rata - rata ada 200
siswa. Kemungkinan lagi bagi anak-anak daerah minus untuk maju satu
langkah.
Tahun pertama ( 1955 ) kelas masih bergabung dengan
Sekolah Tenun ( ST ) tempat Br. Yosue. Baru pada tahun ke dua dapat
menempati gedung yang baru. Bruder Otto de Bruins sebagai Kepala Sekolah
mengajar berbagai bidang studi antara lain : Aljabar, Ilmu Ukur, Ilmu
Alam, Olah Raga, Agama dan Menggambar. Selama kurun waktu 20 tahun sejak
berdiri ( 1 Agustus 1955 ) SMP Bruderan Kepala Sekolah selalu dipegang
oleh seorang Bruder antara lain :
- Br. Otto Bruins Tahun 1955 -1959
- Br. Guntram Tahun 1959 -1962
- Br. Heraclius Tahun 1962 - 1965
- Br. Landoald Tahun 1965 - 1967
- Br. Aretas Tahun 1967 -1970
- Br. Aloysio Tahun 1970 -1976
Setelah masa kepemimpinan kepala sekolah Br.Aloysio oleh Yayasan Pangudi Luhur dipercayakan kepada awam yaitu :
- Bapak Sumidjan, Tahun 1976 - 1997
- Bapak FA.Kasimun, BA. Tahun 1997 - sekarang
Mulai tahun 1997 dari Direktorat Sekolah
Swasta mulai dicanangkan adanya MPMBS ( Manajemen Peningkatan Mutu
Berbasis Sekolah ). Maka pada tahun ajaran 2001/2002 SMP Pangudi Luhur
Bara ditunjuk oleh Kantor Departemen Pendidikan Kabupaten menjadi salah
satu Sekolah perintis MPMBS. Penekanan MPMBS meliputi komponen
integrated antara lain : Siswa - Guru - Orang Tua Siswa - Masyarakat dan
Alumni.
DASAR DAN SEMANGAT SMP PANGUDI LUHUR BARA
Dasar
SMP Pangudi Luhur Bara adalah Pancasila dan UUD 1945. Semangat SMP
Pangudi Luhur Bara adalah Iman - Harapan dan Kasih serta Nilai - nilai
Kristiani dengan mengutamakan kepada mereka yang MISKIN - LEMAH dan
BERKEKURANGAN.
DASAR FILOSOFI
Kita
terutama membaktikan diri kepada karya Pendidikan dan Pembinaan
Kristiani yang dipusatkan pada keutuhan pribadi manusia. B. Kita
terutama membaktikan diri kepada karya Pendidikan dan Pengajaran serta
Pembinaan Kristiani dengan mengembangkan kemampuan konseptual umum
sehingga mampu menerapkan konsep yang sama. C. Kita terutama membaktikan
diri kepada karya Pendidikan dan Pengajaran serta Pembinaan Kristiani
untuk memberikan perhatian istimewa kepada kaum miskin dan yang
berkekurangan untuk menjadi pribadi manusia yang merdeka hati, pikiran.
VISI-MISI DAN TUJUAN YAYASAN PANGUDI LUHUR
Dengan
diilhami nilai - nilai Kristiani, semangat dasar Pendiri FIC, seluruh
personel Yayasan Pangudi Luhur merupakan Komunitas Iman yang menekankan
persaudaraan sejati, kemitraan, menanggung perutusan karya bersama,
komunikasi dan option for the poor, bertekad bersama pihak - pihak
terkait / stakeholders / petaruh baik secara intern maupun ekstern untuk
semakin profesional dan antisipatif, dalam mendampingi peserta didik,
agar mereka berkembang menjadi seorang Pribadi yang berkualitas tinggi,
berwatak dan berbudi pekerti luhur.
VISI SMP PANGUDI LUHUR BARA
Visi
SMP Pangudi Luhur Bara adalah Mewujudkan iman - harapan dan kasih serta
nilai - nilai kristiani melalui kekeluargaan, persaudaraan sejati,
pendidikan, pengajaran dan pembinaan HIDUP SEDERHANA DAN HATI YANG TULUS
serta mengutamakan perhatian secara intensif kepada yang lemah - miskin
dan berkekurangan. Berupaya membantu perkembangan dan pertumbuhan
kepada kaum muda menjadi pribadi manusia secara utuh.
MISI SMP PANGUDI LUHUR BARA
Misi
SMP Pangudi Luhur Bara adalah Spiritualitas Evangelisasi Baru dalam
suasana kekeluargaan, paguyuban dengan semangat kreatif dan proaktif
untuk mendampingi kaum muda supaya memiliki atau memperoleh keunggulan
religiusitas, humanitas, sosialitas dan intelektualitas yang dipadukan
melalui pendidikan, pengajaran dan pembinaan secara serasi - selaras dan
seimbang. Pencapaiannya dengan proses pembentukan suasana kekeluargaan
-persaudaraan antara pihak sekolah - orangtua - siswa dan alumni dan
masyarakat sekitar.
TUJUAN SMP PANGUDI LUHUR BARA
Tujuan
institusional adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan
siswa/peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih
tinggi menuju pada pribadi yang beriman, bertakwa, bermoral, bernalar,
bermutu, berjiwa merdeka dan demokratis dalam praktik kehidupan
menggereja, berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.
POLA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR
SMP
Pangudi Luhur Bara - Kalibawang menerapkan dan memadukan nilai-nilai
yang diperjuangkan oleh Tujuan Pendidikan Nasional, Sekolah Katolik dan
Yayasan Pangudi Luhur selaras dengan Garis Kebijakan Kapitel Provinsi
Indonesia 2000 tentang Karya Kerasulan Pendidikan Yayasan Pangudi Luhur.
Secara konkret SMP Pangudi Luhur Bara mengacu pada pertumbuhan dan
perkembangan menjadi manusia secara utuh supaya berbuah melimpah.
Sehingga komunitas SMP Pangudi Luhur Bara menciptakan dan mengelola
sebagai pendidikan partisipatif dan dialogis. Wacana pendidikan yang
partisipatif dan dialogis memuat aneka daya nilai melibatkan secara
proaktif dan demokratis. Makna aneka daya nilai saling mencintai, saling
melayani, saling toleransi, saling menyapa, saling menghortnati dan
menjunjung derajat - harkat dan martabat manusia secara utuh. Berkreasi
untuk pengembangan pembelajaran multi intellegences.
Karakteristik yang hendak diwujudkan dalam pola interaksi belajar mengajar
- Posisi guru sebagai guru, pendidik, mediator, fasilitator
- Dalam suasana komunitas iman dan persaudaraan sejati maka guru bersikap penuh kebapakan dan keibuan terhadap subyek didik.
- Posisi siswa sebagai subyeh didik, pusat pelayanan.
- Publik figur pribadi guru hendaknya menampakkan kewibawaan,
kedewasaan, kematangan berpikir, berperasaan dan berusaha
mengembangkan potensi
Metode dan strategi pendampingan yang dapat diterapkan antara lain :
- Pendampingan individual pada peserta didik atau subyek didik.
- Pendampingan klasikal untuk melayani semua siswa dari kelas I sampai kelas III.
- Pembentukan dan pengkaderan Tim Sukses untuk mendampingi siswa yang memiliki potensi khusus dan standar rata-rata.
- Penyelarasan dengan perkembangan zaman, keimanan, kebudayaan yang kontektual.
PEMBAGIAN TUGAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
a. Keadaan Jumlah Siswa
Siswa kelas 1 69 Siswa, kelas II 87 Siswa, kelas III 62 Dibagi dalam 6 kelas ( Kelas AB )
b. Keadaan Jumlah Tenaga Pendidik
Guru Tetap 13 orang
Guru Tidak Tetap 3 orang
- Tenaga Administrasi 1 orang
- Tenaga Pustakawan 1 orang
- Tenaga Jaga Malam 1 orang
- Tenaga Pelaksana 1 orang
DPK 7 orang
GTY 8 orang
GTT 2 orang
Karyawan 3 orang
ALAMAT SEKOLAH
SMP Pangudi Luhur Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta.